Blog Seputar Mahluk Ciptaan Allah.SWT

        Manusia Sebagai Khalifah Dibumi bukan perusak

Lingkungan yang kita tinggali tidak semata-mata harus kita eksploitasi terus-menerus tanpa ada timbal balik kita kepada alam. Bayangkan apa yang  kita gunakan setiap hari berasal dari alam mulai dari bangun tidur sampai kita tidur kembali telah banyak di bantu apa-apa yang di produksi alam. Apakah sedikit terpikir oleh kita untuk menjaga kelestarian alam ini, untuk di wariskan kepada anak cucu kita ????

Nampaknya kita pun harus sedikit tersadar dari kesenangan yang semata-mata hanya simbiosis parasitisme ini,agar kesenangan yang kita rasakan dapat di wariskan kepada anak cucu kita nanti.Sudah menjadi kodrat manusia sebagai khalifah di muka bumi ini seperti diterangkan dalam Al-Qur’an Surat Al-baqarah ayat 30 yang menjelaskan kepada kita semua tentang penciptaan manusia oleh Allah.SWT, akan tetapi Allah.SWT tidak menghargai manusia karena jasad atau bentuk fisiknya melainkan fungsinya yaitu “khalifah”.

Tugas khalifah disini bukan sebagai perusak ataupun penghancur, akan tetapi tugas seorang khalifah disini adalah sebagai pembangun. Seluruh kemampuannya dipergunakan dalam rangka kesejahteraan umat manusia di muka bumi. Hidupnya selalu berprinsip “sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”.

Banyak hal kecil yang bisa dilakukan sebagai khalifah di bumi ini, mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kelestarian lingkungan, memperbaiki ekosistem alam yang rusak hingga membangun ekosistem yang baru guna kehidupan mahluk hidup lainya. Hal ini memang tidak semudah menulis tulisan ini,perlu waktu, dana dan usaha untuk mewujudkan semuanya.

Tetapi tidak ada yang mustahil di hadapan ALLAH SWT, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka ” QS 13:11. Wajib bagi kita semua untuk menjaga alam semesta ini beserta isinya, karena alam semesta diciptakan untuk manusia.

Dengan demikian, manusia tidak mencari kemenangan, tetapi keselarasan dengan alam. Keduanya  tunduk  kepada  Allah.SWT, sehingga kita dan alam harus dapat bersahabat. Maka dari itu hendaklah kita semua kembali mengingat tugas apa yang di berikan di pundak kita, tugas sebagai khalifah yang belum seluruhnya kita lakukan dengan baik.

Comments on: "Manusia Sebagai Khalifah Dibumi" (2)

  1. ky’y yg punya ini wordpress sangat soleh orang’y

  2. Cm Allah.SWT lah yg tau bagaimana sifat manusia tsb sholeh/tdk gitu gan.
    🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: